Tuesday, November 17, 2009

Akankah Siaran Langsung Dibatasi?


Saat ini mungkin sebagian teman-teman juga menonton tvOne.... topik yang dibahasnya mengenai siaran langsung yang dilakukan di Indonesia. Setujukah teman-teman jika nantinya pembatasan siaran langsung benar-benar dilaksanakan??? Kalau Aku pribadi sangat tidak setuju, ngapain mesti dibatasi. Aku yakin bahwa semua masyarakat ingin menunggu berita/kabar terbaru yang terjadi di Negara ini. Pertanyaannya sekarang kok pas sekarang aja topik ini dibicarakan? Tentu semuanya bermula dari kasus bibit-chandra, kasus MK yang secara langsung menayangkan rekaman penyadapan telepon di hadapan ribuan masyarakat Indonesia. Sebenarnya tidak salah hal itu dilakukan, semakin banyak kita mengetahui informasi terbaru semakin timbul rasa untuk mengetahui hal tersebut lebih dalam lagi. Mungkin membatasi siarang langsung tersebut dengan alasan untuk menghindari opini publik yang *berlebihan*. Benar, tapi tetap bukan itu yang kita inginkan. Masyarakat butuh kebebasan, butuh transparansi mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di Negara ini. Terus terang, kejadian di MK kemarin merupakan kejadian yang langka dan fenomenal yang terjadi di Negara ini. Banyak dampak yang ditimbulkannya, opini masyarakat timbul dimana-mana. Tapi bukankan yang membesarkan opini-opini itu adalah orang-orang yang sering nongol di tv? bukankah pers mempunyai andil yang cukup besar menampilkan setiap opini-opini masyarakat tersebut? Itulah mengapa Aku sangat tidak setuju jika penayangan siaran langsung di Indonesia dibatasi. Sekali lagi kita masyarakat Indonesia membutuhkan kebebasan, sekarang kita sudah berada di era demokrasi, dimana semuanya bebas kita ungkapkan... bebas berekspresi, bebas mengeluarkan pendapat, bebas *berdemo*, bebas *berdebat*... lantas apakah adil jika siarang langsung dibatasi??? Ingatlah bahwa tanpa adanya masukan, kritikan dan opini dari masyarakat Indonesia, kalian para pejabat tidak akan berada di *kursi* kalian saat ini. Jadi gak usah-lah menambah permasalahan baru lagi di Negara ini. Kasus bibi-chandra aja belum kela-kelar, eh ni sekarang udah muncul permasalahan baru... ampek kapan mo gini terus??? Ayolah, kita ini hanyalah masyarakat kecil yang tidak memiliki kekuasaan apa-apa dalam pemerintahan ini, kita hanyalah sekumpulan masyarakat Indonesia yang ingin diperhatikan, ingin dilihat, untuk didengar segala keluhan-keluhan kami. Karena kami semua sangat sangat mencintai Negara ini, Republik Indonesia.

Tulisan dalam catatan harianku ini adalah pendapatku, dan kita semua juga berhak untuk berpendapat. Jadi, jangan takut untuk mengeluarkan pendapat sebelum berpendapat itu nantinya *dilarang*!!!
Ok dah sekian dulu catatanku pagi ini, tak lanjutin nonton berita dulu ne di tvOne... Smoga kita dapat memetik hikmah dibalik semua kejadian ini,Wassalam dan selalu bersemangat melewati hari-hari kalian!!!

No comments: