Wednesday, November 18, 2009

Musim Haji Hujanpun Datang


Hari ini suasana di kota tempat Aku dibesarkan (Sumenep) nampak berbeda dari hari-hari biasanya. Penuh keramaian di jalan-jalan, setiap orang berbondong-bondong menuju suatu tempat. Ternyata mereka adalah orang-orang yang mengantarkan sanak saudara mereka berangkat haji. Ya hari ini musim haji kembali datang, dan hari ini pun kloter dari Sumenep berangkat. Suatu hari yang indah taktala disepanjang jalan tadi suasananya begitu sejuk, dengan sedikit adanya kabut. Tadi pagi Aku nganterin mbak-ku ke tempat magangnya. Katanya sekarang dia siaran live di depan Masjid Agung Sumenep yang bertugas meliput keberangkatan calon jamaah Haji Sumenep. Smoga aja lancar ya mbak-ku... tapi sayangnya dia gak bawa kamera tadi, gagal dah rencanaku pengen nampilin foto-foto tentang keberangkatan haji itu.

Ada sesuatu hal yang patut Aku syukuri, patut Aku mengatakan bahwa "Inilah Kekuasaan Allah". Ya... setelah musim kemarau yang panjang di kota Sumenep, akhirnya kemarin kota Sumenep diguyur hujan deras yang cukup lama. Temen-temen tau gak kalo rumahku kebanjiran??? Hahaha.... bukannya bocor tapi kayaknya yang benerin nih rumah dulu kurang merhatiin bagian atasnya sehingga gak tau kalo hujan turun kenyataan yang terjadi seperti ini, air mengalir deras dari atap rumah sehingga bagian dalam rumahku tergenang air. Tapi untungnya cuman di rumahku yang sebelah barat :) Oya, kembali ke pembahasan sebelumnya, Aku menyadari bahwa hujan yang telah turun kemarin merupakan anugerah dari-Nya. Ini merupakan "hadiah" dari yang Maha Kuasa bagi seluruh warga Sumenep, bagi mereka calon jemaah haji Sumenep, bagi mereka yang merayakan keberangkatan haji sanak-saudaranya. Inilah kota yang benar-benar mendapat Ridho dari-Nya, inilah kota yang berada dalam suasana penuh ke-khidmatan, inilah kota dimana Aku dibesarkan. Hari ini, Aku dapat memulainya dengan indah, dengan senyuman, dengan sebuah harapan besar.... Hari ini, esok dan seterusnya akan menjadi hari-hari panjangku dalam perjalanan menuju tujuan hidupku di dunia maupun untuk tujuan hidupku di akherat nanti. Dan untuk para calon jamaah haji dari kota Sumenep khususnya serta seluruh calon jamaah haji Indonesia pada umumnya, Aku ucapkan selamat menjalankan Ibadah Haji di Tanah Suci Makkah, semoga Anda sekalian menjadi seorang Haji yang Mabrur, Amien.

Sekian dulu catatan harianku pagi ini, kita ketemu lagi di lain waktu dengan kehidupan keseharianku yang luar biasa adanya, Wassalam!

No comments: